Safee Tetap Dipanggil Timnas Meski Main di ISL

By Benediktus Gerendo Pradigdo - Rabu, 1 Februari 2012 | 18:33 WIB
Safee Sali
Peksi Cahyo/Bolanews
Safee Sali

Polemik yang terjadi di sepak bola Indonesia melahirkan bermacam persoalan baru. Mulai dari perpecahan di klub, hingga tak terbukanya jalan bagi para pemain membela tim nasional Indonesia.

Kepastian pemain tak dapat membela timnas itu sendiri akan semakin tegas apabila FIFA selaku Federasi Sepak Bola Dunia benar-benar menjatuhkan sanksi kepada para pemain yang berkompetisi di ISL, Maret mendatang.

Dalam surat yang dikirimkan kepada PSSI, beberapa waktu lalu, FIFA sendiri mencantumkan beberapa sanksi yang kemungkinan akan dijatuhkan kepada para pemain yang berlaga di ISL, kompetisi yang dianggap ilegal oleh PSSI.

Selain akan mencabut Transfer Matching System (TMS) pemain, yang artinya pemain tidak bisa ditransfer ke klub lain di dalam ataupun di luar Indonesia, FIFA juga akan melarang pemain yang berkompetisi ISL membela tim nasional.

Sanksi itu sendiri berlaku tak hanya untuk pemain Indonesia saja, tapi juga diperuntukkan bagi pemain asing yang merumput di Indonesia. Tak terkecuali Safee Sali, striker Malaysia.

Meski demikian, Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) tetap memanggil Safee Sali, pemain yang berlaga dikompetisi yang dicap ilegal oleh FIFA,  untuk memperkuat timnas Malaysia di laga uji coba, Februari mendatang. Hal itu dibenarkan Safee ketika jumpa pers di Apartemen Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu (1/2).

"Saya telah dihubungi oleh Timnas Malaysia. Mereka ingin saya bergabung untuk melakukan uji coba melawan Arab Saudi di Australia pada akhir bulan Febuari ini," kata Safee.

Panggilan dari timnas itu pun coba diasumsikan Safee sebagai sebuah bentuk ketidakkhawatiran FAM terhadap kiprahnya di ISL. "Berarti, mereka tidak mempermasalahkan saya melanjutkan karier di ISL", tutup Safee.

Sebelumnya, Safee telah memperpanjang kontraknya dengan Pelita Jaya. Pembaharuan kontra itu pun memastikan striker kelahiran tahun 1984 itu tetap di The Young Guns hingga dua musim ke depan. Kepastian itu sekaligus membantah kalau dirinya akan hengkang agar bisa memperkuat timnas Malaysia.


Editor : Frengky Aruan


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X