Piala Presiden, Meruah Jokowi, dan Anak Terpintar buat Luis Milla

By Anju Christian Silaban - Sabtu, 11 Maret 2017 | 08:00 WIB
Seniman asal Gianyar, Ida Bagus Lasem, memahat trofi Piala Presiden 2015.
ANJU CHRISTIAN/KOMPAS.COM/JUARA.NET
Seniman asal Gianyar, Ida Bagus Lasem, memahat trofi Piala Presiden 2015.

"Saya menganggap Presiden Joko Widodo (Jokowi) adalah kakek dan saya sebagai anaknya. Lalu, saya diminta membuatkan hadiah untuk cucu-cucunya yang tersebar di seluruh daerah. Siapa yang terpintar, mendapatkan piala ini."

Begitulah penuturan Ida Bagus Lasem, pemahat trofi Piala Presiden, ketika ditemui JUARA dan Tabloid BOLA di kediamannya di Kabupaten Gianyar, Bali, 27 September 2015.

Siang itu, proses pemahatan trofi yang terbuat dari kayu jati Bojonegoro sudah mencapai 90 persen. Telah terlihat jelas ukiran karang batu, daun simpar, penopang baja, bendera, hingga bola di piala. Tidak satu pun relief ditafsirkan sebagai kemenangan, kesuksesan, atau kejayaan, seperti trofi pada umumnya.

Maklum, Piala Presiden edisi 2015 merupakan meruah Jokowi untuk menghadirkan turnamen sepak bola di tengah konflik para pemangku kepentingan. Di mata Ida, turnamen ini bertujuan menyatukan insan sepak bola yang terpecah belah dua tahun lalu.


Seniman asal Gianyar, Ida Bagus Lasem, memahat trofi Piala Presiden.(ANJU CHRISTIAN/KOMPAS.COM/JUARA.NET)

Baca juga:

Pada edisi kali ini, makna kejayaan instan juga kurang kental. Piala Presiden lebih menyoal prestasi untuk hajat yang lebih luas, yakni tim nasional (timnas) U-22 pada SEA Games 2016.

Demi menyediakan kantong talenta untuk pelatih timnas, Luis Milla, panitia pelaksana menerapkan regulasi usia bagi setiap peserta. Klub kontestan wajib mendaftarkan lima pemain U-23, tiga di antaranya harus bermain selama 45 menit setiap pertandingan.

"Kalau mereka (pemain U-23) cuma bermain selama lima menit, bagaimana memantaunya? Aturan ini untuk timnas Indonesia," ujar Ketua Organizing Committee (OC), Iwan Budianto, menjawab suara kontra dari pihak klub, pada akhir Januari 2017.

Milla pun bisa menjaring lebih dari 40 nama dalam tiga tahapan proses seleksi timnas. Penting untuk dicatat, semuanya berasal dari klub peserta Piala Presiden.


Editor :
Sumber : -


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.