Ini Taktik yang Menangkan Arema FC atas PBFC

By Anju Christian Silaban - Senin, 13 Maret 2017 | 00:52 WIB
Pelatih Arema, Aji Santoso dan arsitek PBFC II, Ricky Neslon berjabat tangan selepas jumpa pers final Piala Presiden 2017 di Hotel Olympic Renotel, Sentul, Sabtu (11/3/2017).
OVAN SETIAWAN/JUARA.NET
Pelatih Arema, Aji Santoso dan arsitek PBFC II, Ricky Neslon berjabat tangan selepas jumpa pers final Piala Presiden 2017 di Hotel Olympic Renotel, Sentul, Sabtu (11/3/2017).

Pelatih Arema FC, Aji Santoso, membeberkan taktik yang membuat timnya menang 5-1 atas Pusamania Borneo FC pada final Piala Presiden di Stadion Pakansari, Cibinong, Minggu (12/3/2017).

Tiga dari lima gol Arema dicetak oleh Cristian Gonzales. Dua lainnya berasal dari Hanif Sjahbandi dan bunuh diri Michael Orah. PBFC cuma membalas lewat Firly Apriansyah.

Kemenangan telak Arema sebenarnya agak di luar dugaan. Sebab, lini depan mereka diprediksi kesulitan mengingat pertahanan PBFC dikenal kokoh dari penyisihan hingga semifinal.

Demi membongkarnya, Aji pun berusaha menghindari duel udara yang menjadi keunggulan sang lawan.

"Saya menekankan kepada pemain, kalau masuk ke sepertiga lapangan, mereka tidak boleh melakukan umpan lambung, tetapi bola terobosan. Hal itu terlihat tadi, terutama dalam gol kelima," tutur Aji setelah pertandingan.

Beda hal dengan lini belakang Arema di mana duel udara tidak terhindarkan. Sebab, PBFC memiliki Reinaldo Elias da Costa yang menyukai servis lambung mengingat postur tubuhnya.

Aji tidak lantas kehabisan akal untuk meminimalkan risiko bobol oleh striker asal Brasil itu.

"Saya selalu menginstruksikan kepada pemain agar saling cover saat duel. Kalau pemain yang berduel tidak dapat bola, pemain kami masih bisa dapat bola," ucap Aji.

Gelar juara Arema dibarengi penghargaan individu untuk kedua pemainnya. Gonzales mendapatkan titel Pencetak Gol Terbanyak, sedangkan Adam Alis didaulat sebagai Pemain Terbaik.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : -


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X