TOPIK TERPOPULER
Pelatih Luis Mila (kiri) dan timnas U-22 sebelum pertandingan lawan Puerto Riko
GONANG SUSATYO/JUARA.NET
Pelatih Luis Mila (kiri) dan timnas U-22 sebelum pertandingan lawan Puerto Riko

Timnas U-22 Berlaga, Aturan Memainkan Pemain U-23 Ditangguhkan

JAKARTA, JUARA.net - PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk sementara menangguhkan implementasi memainkan pemain di bawah 23 tahun dalam kompetisi Liga 1.

Penangguhan tersebut terhitung mulai 3 Juli 2017 hingga 30 Agustus 2017 atau sampai selesainya pelaksanaan SEA Games 2017 Malaysia.

"Implementasi regulasi terkait kewajiban memainkan pemain berusia di bawah 23 ditangguhkan. Klub diizinkan memainkan semua pemain yang telah terdaftar dan mendapat pengesahan," tulis LIB melalui surat nomor 155/LIB/VI/2017 tertanggal 29 Juni 2017 yang ditujukan kepada manajemen klub peserta Go-Jek Traveloka Liga 1 2017.

Baca juga: Thailand dan Malaysia Sudah Kirim Mata-mata untuk Pantau Timnas

Sejak liga bergulir, sebanyak 18 klub perserta diwajibkan memainkan minimal tiga pemain berusia di bawah 23 tahun sejak menit pertama dengan durasi tampil minimal 45 menit pada tiap laga.

Dengan aturan tersebut, LIB menetapkan regulasi soal pergantian pemain. Hanya lima pemain cadangan yang terdaftar dalam formulir pertandingan dapat bermain dalam pertandingan dengan komposisi tiga pemain selain pemain di bawah usia 23 dan dua pemain di bawah usia 23.

Namun dengan ditangguhkannya implemantasi memainkan pemain di bawah 23 tahun, regulasi soal pergantian pemain ikut berubah.

"Bahwa konsekuensi dari implemantasi hal tersebut adalah berubahnya jumlah pergantian pemain menjadi 3 kali pergantian dan jumlah pemain cadangan menjadi 7 pemain cadangan yang duduk di bench," terang LIB.

Baca juga: PSSI Sampaikan 2 Poin Penting soal Ezra Walian

Penangguhan implementasi memainkan pemain di bawah 23 tahun karena mempertinbangkan dua hal.

Pertama, tidak ada lagi proses seleksi pemain timnas U-22 Indonesia yang disiapkan tampil di SEA Games XXIX-2017 dan Kualifikasi AFC U-23 Championchip 2018 karena sudah didaftarkan ke AFC.

Kedua, menjunjung aspek fairness mengingat jumlah pemain yang diambil dari tiap klub untuk memperkuat timnas U-22 Indonesia tidak merata.

Pasukan Luis Milla akan terlebih dulu tampil di Kualifikasi Piala Asia U-23 2018 yang digelar di Thailand pada 19 Juli hingga 23 Juli. Indonesia tergabung di Grup H bersama Malaysia, Mongolia, dan Thailand.

Lalu, mereka akan mulai tampil di SEA Games sejak 19 Agustus 2017.

TOPIK :

Video Pilihan

Komentar