Wasit Asing Bakal Warnai Putaran Kedua Liga 1 Musim 2017

By Segaf Abdullah - Selasa, 18 Juli 2017 | 22:00 WIB
Ilustrasi wasit.
FRANCK FIFE/AFP
Ilustrasi wasit.

Wacana penggunaan wasit asing di Indonesia bakal terlaksana. PT Liga Indonesia Baru (LIB), selaku operator Liga 1 musim 2017, memastikan penggunaan jasa wasit asal Asia atau Eropa pada putaran kedua kompetisi.

Hingga pekan ke-15 Liga 1 musim 2017, laporan mengenai kepemimpinan korps baju hitam memang terus mampir di meja PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Dalam sesi jumpa pers pasca-laga, awak media juga sudah mulai terbiasa dengan keluhan pelatih yang timnya merasa dirugikan dengan keputusan wasit.

Maka, sebagai usaha meningkatkan kualitas kompetisi kasta nomor wahid di Indonesia, PT LIB memutuskan bakal memakai jasa wasit dari luar negeri pada putaran kedua yang berlangsung mulai 4 Agustus 2017.

"Kami sudah berkonsultasi dengan PSSI. Termasuk asisten wasit, ada delapan perangkat pertandingan yang perlu dievaluasi," ucap Direktur Utama PT LIB, Berlington Siahaan di Jakarta, Selasa (18/7/2017).


Pemain dan ofisal Persib Bandung memprotes keputusan wasit Kusni yang memimpin laga antara tuan rumah Madura melawan Persib Bandung di Stadion Gelora Ratu Pamelingan, Pamekasan, Minggu (9/7/2017).(SUCI RAHAYU/JUARA.NET)

Nantinya, sekitar 50 persen pertandingan per pekan akan dipimpin wasit asing. Kini, PT LIB tengah berkomunikasi dengan AFC dan UEFA untuk nama-nama wasit yang akan didatangkan.

"Tentu, akan ada beberapa pertandingan dengan tensi tinggi akan kami pertimbangkan untuk menggunakan wasit asing," tutur CEO PT LIB, Risha Adi Widjaya.

Barangkali masih segar dalam ingatan saat eks pelatih Persib Bandung, Djadjang Nurdjaman, kecewa dengan keputusan kontroversial wasit Kusni pada laga kontra Madura United pada pekan ke-13.

Pada sesi temu pers pasca-laga, Djadjang bahkan menyebut keputusan sang wasit adalah keputusan yang radikal.


Editor : Estu Santoso
Sumber : -


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X