Ajax Sudah Empat Kali Main di Stadion GBK Senayan

By Riemantono Harsojo - Selasa, 15 April 2014 | 14:06 WIB
Bintang Ajax, Johny Rep, mencoba melewati dua pemain PSSI Tamtama, Anjas Asmara (kanan) dan Iim Ibrahim, dalam pertandingan pada 5 Juni 1975.
Dokumentasi Kompas
Bintang Ajax, Johny Rep, mencoba melewati dua pemain PSSI Tamtama, Anjas Asmara (kanan) dan Iim Ibrahim, dalam pertandingan pada 5 Juni 1975.

Pada 11 Mei 2014 Ajax Amsterdam akan bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, melawan Persija. Pertandingan itu akan membuat jagoan Belanda itu menjadi salah satu klub Eropa yang paling banyak bermain di Stadion GBK.

Sebelum pertandingan pada 11 Mei 2014, Ajax Amsterdam tercatat sudah empat kali bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Dua pertandingan pertama terjadi dalam turnamen segitiga yang juga diikuti oleh PSSI Tamtama dan Manchester United pada Juni 1975.


Saat itu Ajax Amsterdam mengalahkan Manchester United 3-2 pada 3 Juni 1975 dan mengungguli PSSI Tamtama dengan skor 4-1 pada 5 Juni 1975. Ajax saat itu diperkuat pemain-pemain terkenal seperti Ruud Krol dan Johny Rep.


Empat hari setelah bermain melawan PSSI Tamtama, Ajax kembali bermain di Stadion yang mulai dipergunakan pada tahun 1962 itu. Lawan juara Piala Champion 1971, 1972, dan 1973 itu adalah Persija. Kala itu, di hadapan sekitar 50 ribu penonton, Macan Kemayoran menahan Ajax 1-1.


Enam tahun kemudian, tepatnya pada 19 Februari 1981, Ajax kembali bermain di Senayan. Tim nasional, yang kala itu disebut PSSI Utama, menjadi lawan Piet Schrijvers dkk. Saat itu Ronni Pattinasarany dkk. bermain imbang 0-0 dengan Ajax.




Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X