Lima Momen Spesial dalam Derbi AS Roma Vs Lazio

By Beri Bagja - Jumat, 6 November 2015 | 06:00 WIB
Pertandingan derbi ibu kota Italia antara AS Roma vs Lazio pada 11 Januari 2015.
Tiziana Fabi/AFP/Getty Images
Pertandingan derbi ibu kota Italia antara AS Roma vs Lazio pada 11 Januari 2015.

 Siapa pun boleh setuju menganggap lakon derby della capitale antara AS Roma versus Lazio selalu bermakna spesial. Minggu (8/11/2015), kedua tim bakal beradu kekuatan lagi dalam lanjutan Serie A pekan ke-12.

Sejarah rivalitas kedua tim terhampar selama hampir sembilan dekade. Sejak derbi ibu kota Italia edisi perdana digelar pada 8 Desember 1929, muncul berbagai drama yang bakal selalu dikenang. Layaknya sebuah pertunjukan, pentas laga Roma kontra Lazio juga menyajikan kisah dengan genre campuran. Ada cerita yang unik, menarik, juga kelam.

Berikut lima momen spesial yang mewarnai derby della capitale sejak memasuki milenium ketiga. 

 1. Poker Montella, 10 Maret 2002 (Lazio vs Roma 1-5) 

Tiada seorang pun yang sanggup mencetak lebih dari tiga gol dalam satu edisi derbi, kecuali Vincenzo Montella. Eks penyerang berjulukan L’Aeroplanino (Pesawat Terbang Kecil) karena gaya selebrasinya itu menjadi aktor utama momen pesta lima gol Roma ke gawang Lazio.

Si Pesawat Kecil terbang empat kali setelah membukukan poker alias empat gol. Satu torehan sisa Roma disumbangkan kapten Francesco Totti. Usai laga, Presiden Roma kala itu, Franco Sensi, langsung berlari ke ruang ganti pemain guna menyelamati Montella. “Kesuksesan ini akan tercatat dalam sejarah,” kata Sensi.

Ucapan almarhum Sensi, yang wafat pada 2008, terbukti benar. Sampai derbi akhir pekan ini, rekor Montella belum bisa disamai siapa pun. 

(Getty Images)


Vincenzo Montella, rekor empat gol.

 2. Pembunuh! Pembunuh!, 21 Maret 2004 (Lazio vs Roma 0-0)


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : La Gazzetta dello Sport, La Repubblica


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.