TOPIK TERPOPULER
Alberto Aquilani dan Luca Toni
Gabriele Maltinti Getty Images
Alberto Aquilani dan Luca Toni

Dua Gol Toni Bantu Fiorentina Bantai Siena

Doppietta Luca Toni serta sepasang gol Alberto Aquilani dan David Pizarro, membawa Fiorentina bantai Siena 4-1 di Artemio Franchi pada giornata ke-17 Serie A, Minggu (16/12). Kemenangan ini mengangkat kembali posisi La Viola ke peringkat kelima. Tripoin ini juga menjadi reaksi yang tepat untuk menjawab kekalahan 2-4 atas AS Roma di pekan 16.

Babak pertama

Bermain di hadapan publik sendiri, Fiorentina langsung menekan. Hasilnya, pada menit ke-16', usaha La Viola menggempur pertahanan Siena berbuah manis. Umpan silang cantik Manuel Pasqual dari sisi kanan pertahanan Siena ditanduk Luca Toni menjadi gol.

Toni lagi-lagi berjasa atas gol kedua Si Ungu. Pelanggaran yang dilakukan pemain Siena di kotak terlarang, menghasilkan penalti. David Pizarro yang maju sebagai eksekutor, sukses mengeksekusi titik putih dengan sempurna (19').

Di akhir babak pertama (45'), Alberto Aquilani masuk scoresheet. Sontekkannya di mulut gawang Siena menyambut umpan Romulo Souza dari dalam kotak penalti sukses membuat kedudukan menjadi 3-0.

Babak kedua

Usai turun minum, Siena berusaha bangkit. Hasilnya, pemain pengganti Siena, Reginaldo yang masuk menggantikan Alessio Sestu di menit ke-61, berhasil memperkecil kekalahan menjadi 1-3 melalui gol pada menit ke-70'. Sepakan kerasnya dari dalam kotak penalti merobek gawang Fiorentina.

Namun, berselang sembilan menit, Toni mencetak gol keduanya sekaligus membawa Fiorentina kembali menjauh. Lagi-lagi gol pemain berusia 35 tahun tersebut dikreasi melalui sundulan usai menyambut umpan silang Borja Valero dari sisi kiri pertahanan Siena (79').

Memasuki penghujung laga, Siena semakin menderita. Massimo Paci mendapat kartu kuning kedua akibat melanggar pemain Fiorentina di kotak 12. Wasit pun menunjuk titik putih untuk anak asuh Vicenzo Montella.

Aquilani maju menjadi eksekutor, sayang sepakkannya melambung. Skor 4-1 bertahan hingga usai.

Susunan pemain kedua tim

Fiorentina: Neto; Rodriguez, Pasqual (Llama 65'), Roncaglia, Savic, Pizarro (Migliaccio 72'), Aquilani, Valero, Romulo, Toni, Jovetic (El Hamdaoui 60')

Siena: Pegolo; Paci, Felipe, Rubin, Neto, Rosina, Vargassola, Bolzoni, Angelo (Sestu 19') (Reginaldo 61'), Calaio, Larrondo (Coppola 46')

TOPIK :

Komentar