Sambangi Palembang, Program Jr NBA Beri Pelatihan untuk Guru dan Atlet Sumsel

By Noverta Salyadi - Senin, 18 September 2017 | 20:39 WIB
Suasana pelatihan dari NBA di gedung PSCC Palembang.
NOVERTA SALYADI/BOLASPORT.COM
Suasana pelatihan dari NBA di gedung PSCC Palembang.

Asosiasi Bola Basket Nasional (National Basketball Association/NBA) memberikan pelatihan kepada pelatih dan atlet di Sumatera Selatan (Sumsel) melalui program Jr NBA.  

Program yang diberi nama Jr NBA Curriculum Training Workshop South Sumatera itu dilaksanakan di gedung Bola Basket PSCC Palembang, Sumsel, Senin (18/9/2017).

"Ini lompatan jauh ke depan untuk perkembangan bola basket di Sumsel. Pelatih yang kita datangkan ini akan mengajarkan bagaimana bermain basket yang benar bagi guru dan murid," ujar Alex Noerdin, Gubernur Sumatera Selatan.

"Kalau ini dilakukan dengan baik, Sumsel bisa jadi lumbung pemain Basket di Asia," kata Alex lagi.

Lebih lanjut Alex mengatakan bahwa untuk mencapai target tersebut pemerintah daerah (pemda) akan memberi dukungan penuh termasuk dengan mendatangkan pelatih kelas Asia hingga penyediaan lapangan basket di sekolah-sekolah.

"Pembangunan lapangan di kabupaten/kota ini tak perlu mewah tapi paling tidak bisa mengakomodir kebutuhan siswa dan guru di sekolah," ucap dia.

"Semua sekolah harus punya klub basket dan pemerintah daerah akan support bangun lapangan di sekolah. Kami akan kasih tahu bupati supaya menyediakan lapangan," kata Alex menegaskan.

Baca juga:

Menurut Alex, kerja sama dengan Jr NBA adalah kesempatan emas.

Dia menilai jika para guru dan murid dilatih para pelatih profesional, tahun depan tim basket Sumsel tak hanya bisa menjadi juara di Indonesia tetapi juga di Asia.

Apalagi, saat ini basket sudah menjadi salah satu olahraga favorit setelah sepakbola. Hanya, fasilitas olahraga ini masih terbatas di perkotaan.

Namun begitu, dia meyakini setelah curriculum training ini digelar di enam kota maka basket akan makin populer hingga ke daerah-daerah pelosok.

"Kami cari bibitnya dulu, baru tahun depan dikompetisikan lagi. Ini permulaan yang baik maka itu kita minta prioritaskan dengan Jr NBA Asia,” kata Alex.

Sementara itu, NBA Asia Association Vice President of Marketing Partnership Jim Wong mengatakan lokakarya ini akan digelar di enam kota di Sumsel dan menjangkau lebih dari 2.000 pelatih dan guru olahraga se-Sumsel.

Enam kota tersebut adalah Palembang, Baturaja, Muaraenim, Pagaralam, Lubuklinggau, dan Sekayu.


Editor : Diya Farida Purnawangsuni
Sumber : BolaSport.com


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X