TOPIK TERPOPULER
 Basket 3x3 digelar dalam Asian Games Sports Festival di Kota Tua, Jakarta, Sabtu (9/12/2017).
INASGOC
Basket 3x3 digelar dalam Asian Games Sports Festival di Kota Tua, Jakarta, Sabtu (9/12/2017).

Demi Asian Games 2018, Timnas Basket 3x3 Akan Uji Coba ke Eropa

JUARA.NET - Ketua Sub Bidang 3x3 PP Perbasi, Anthony Gunawan, menyatakan bahwa tim nasional 3x3 Indonesia akan melakukan uji coba ke sejumlah negara di Benua Eropa.

Hal itu diutarakan Anthony saat ditemui BolaSport.com pada sela turnamen 3-on-3 Red Bull Reign Indonesia di Lapangan Pati Unus, Jakarta, Minggu (13/5/2018).

Baca juga: Gading Sakti Basketball Club Juarai Red Bull Reign Indonesia 2018

Anthony menilai bahwa try out dilakukan untuk mengasah kemampuan para pemain timnas 3x3 sehingga bisa lebih siap menghadapi Asian Games 2018 mendatang.

"Kami ada rencana try out ke Eropa pada bulan Juni akhir, setelah lebaran pokoknya," kata Anthony.

"Timnas 3x3 putri akan ke Belanda dan Serbia, sedangkan putra ke Lithuania, Serbia, dan Italia. Kemungkinan di atas tanggal 20 Juni," tutur Anthony yang pernah menjadi bintang 3x3.

Pada Asian Games 2018, timnas basket 3x3, baik putra maupun putri, ditargetkan meraih medali, entah itu perunggu, perak, atau emas.

Anthony sendiri mengaku belum bisa menilai apakah target itu realistis atau tidak bagi timnas basket 3x3 Indonesia.

Pasalnya, masih ada banyak hal yang perlu dikejar dan diperbaiki oleh Indonesia demi mencapai target medali tersebut.

Terlebih lagi, Indonesia murni mengandalkan pebasket lokal. Adapun sejumlah negara Asia lain ada yang sudah memakai tenaga pemain asing alias naturalisasi.

"Melihat performa tim putri pada kejuaraan Asia kemarin, kami mengirimkan tim yang usia muda dan mereka meraih peringkat ke-7. Tim putri peluangnya cukup besar (untuk raih medali Asian Games 2018)," ucap Anthony.

Tim basket 3x3 putri Indonesia berhasil menjadi juara pada test event bertajuk Asia Challenge 2017 di Center Court, GBK, Senayan, Jakarta, Sabtu (2/12/2017).
Tim basket 3x3 putri Indonesia berhasil menjadi juara pada test event bertajuk Asia Challenge 2017 di Center Court, GBK, Senayan, Jakarta, Sabtu (2/12/2017).
NUGYASA LAKSAMANA/BOLASPORT.COM

"Kalau putra, jujur masih butuh kerja keras, karena negara lain jauh lebih siap dari kami. Qatar, contohnya, mereka pakai 3 pemain asing dan persiapannya sudah sejak 3 tahun lalu," tutur dia.

Sejauh ini, timnas 3x3 putra memiliki 8 pemain, sedangkan yang putri 7 pemain. Semuanya, kata Anthony, masih belum ada yang aman atau terjamin masuk skuat Asian Games 2018.

"Perjalanan kami masih panjang. Kalau ditanya apakah kami sudah siap atau belum, jawabannya belum. Kami baru efektif kumpul selama 2-3 pekan," ujar Anthony.

Basket 3x3 merupakan salah satu dari sekian cabang olahraga baru pada ajang Asian Games.

Cabang olahraga itu kali pertama diadakan dalam ajang multi-event pada 2010, tepatnya Summer Youth Olympic Games di Singapura.

TOPIK :

Komentar