Yao Ming Akhirnya Lulus Kuliah Setelah Belajar Selama 7 Tahun

By Bayu Nur Cahyo - Senin, 16 Juli 2018 | 08:40 WIB
Dua legenda NBA, Shaquille O'Neal (kiri) dan Allen Iverson (kanan), menyusul Yao Ming sebagai kandidat penerima Naismith Memorial Basketball Hall of Fame 2016.
GETTY IMAGES
Dua legenda NBA, Shaquille O'Neal (kiri) dan Allen Iverson (kanan), menyusul Yao Ming sebagai kandidat penerima Naismith Memorial Basketball Hall of Fame 2016.

Setelah belajar dengan waktu yang tak sebentar, salah satu legenda basket China yang pernah memperkuat klub NBA, Yao Ming, akhirnya dinyatakan lulus kuliah dari Jiao Tong University.

Yao Ming membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikan jenjang pendidikannya di perguruan tinggi.

Tercatat, eks center Houston Rockets itu perlu tujuh tahun sebelum akhirnya meraih gelar sarjana ekonomi dari Jiao Tong University.

Atas keberhasilannya tersebut, Yao Ming pun diberikan kesempatan dari pihak universitas untuk menyampaikan sebuah pidato kelulusan.

Pada pidato kelulusannya, Yao Ming mengungkapkan bahwa dunia akan lebih luas apabila setiap individu manusia mau berbaur dengan masyarakat.

"Pada tahap tertentu di masa depan, Anda harus mencoba menggabungkan masa depan Anda dengan masa depan masyarakat, itulah cara Anda menemukan ruang yang lebih besar untuk dijelajahi," kata Yao yang dilansir Juara.net dari Sbnation.

Kendati sudah tujuh tahun absen dari dunia bola basket lantaran pensiun, Yao Ming tetap memasukkan olahraga yang dicintainya itu ke dalam pidato kelulusannya.

"Izinkan saya mengutip percakapan terkenal yang terjadi di lapangan basket 11 tahun yang lalu, 'ini (kelulusan) akan menjadi liga Anda dalam beberapa saat," tutur Yao.

"Percayalah, ketika seorang pria menghabiskan tujuh tahun di universitas untuk lulus pada usia 38, dia tahu apa yang dia bicarakan," ujar Yao menambahkan.


Editor : Imadudin Adam
Sumber : Sbnation.com


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.