TOPIK TERPOPULER
Petinju asal Ukraina, Wladimir Klitschko (kiri), berfoto dengan kakaknya yang juga mantan petinju, Vitali Klitschko, pada sebuah acara di Hamburg, Jerman, 18 November 2012.
AFP/AXEL HEIMKEN
Petinju asal Ukraina, Wladimir Klitschko (kiri), berfoto dengan kakaknya yang juga mantan petinju, Vitali Klitschko, pada sebuah acara di Hamburg, Jerman, 18 November 2012.

Vitali Klitschko dan Nasihat Keliru untuk Sang Adik

JUARA.net - Eks petinju kelas berat Ukraina, Vitali Klitschko, mengaku keliru memberikan saran untuk sang adik, Wladimir, saat pertarungan melawan Anthony Joshua pada 29 April 2017.

Vitali, yang mendampingi Wladimir sepanjang laga, meminta sang adik untuk tak terburu-buru setelah berhasil memukul jatuh Joshua pada ronde keenam.

Namun, Vitali mengakui bahwa nasihat itu keliru karena Joshua mampu bangkit dengan cepat dan akhirnya menang technical knockout (TKO) atas Wladimir pada ronde ke-11.


"Saya merasa bersalah atas kekalahan adik saya. Ketika Wladimir hampir menjatuhkan Joshua, saya memberikan nasihat yang salah," ujar Vitali yang punya rekor bertarung 45 kemenangan (41 KO) dan dua kekalahan.

"Saya yakin, Joshua, dengan massa ototnya yang besar, tidak akan bisa bertahan lama. Saya kemudian menasihati Wladimir untuk tak terburu-buru. Sekarang, saya pikir itu sebuah kesalahan. Seharusnya dia menuntaskan pertarungan lebih cepat," ucap Vitali.

Berkat kemenangan atas Wladimir, Joshua pun mempertahankan gelar juara dunia kelas berat versi IBF, sekaligus mendapatkan sabuk versi WBA dan IBO.

Menurut Vitali, pihaknya sedang mempertimbangkan untuk mengadakan pertandingan ulang antara Wladimir dan Joshua. Hal itu akan ditentukan dalam waktu dua pekan ke depan.

Namun, Vitali mengaku bakal mendukung segala keputusan yang dipilih oleh sang adik, termasuk pensiun dari dunia tinju. Saat ini, usia Wladimir sudah memasuki 41 tahun.


"Sejujurnya tak ada lagi yang perlu dibuktikan oleh Wladimir. Saya tak pernah tahu ada petinju lain yang bisa meraih banyak gelar dan mempertahankan selama lebih dari 10 tahun seperti Wladimir," kata Vitali.

Sepanjang karier di dunia tinju, Wladimir telah menjalani 69 pertarungan. Pasangan dari artis Hollywood, Hayden Panettiere, itu menang 64 kali (53 KO) dan kalah empat kali.

TOPIK :

Komentar