Alasan di Balik Banyaknya Pelari Jarak Jauh Hebat dari Kenya

By Persiana Galih - Kamis, 6 September 2018 | 17:36 WIB
Eric Maugo Sikuku, pejalan cepat senior Kenya, waktu dipijat sebelum bertanding di Kejuaraan Dunia Masters Atletik 2018 di Malaga.
PERSIANA GALIH/TABLOID BOLA
Eric Maugo Sikuku, pejalan cepat senior Kenya, waktu dipijat sebelum bertanding di Kejuaraan Dunia Masters Atletik 2018 di Malaga.

 Negara-negara Afrika kerap disebut sebagai penguasa atletik. Bagaimana tidak, hampir seluruh nomor atletik yang diselenggarakan di tiap olimpiade dihiasi atlet-atlet Afrika berbakat. Pertanyaannya, dari mana mereka memiliki atlet tersebut.

Salah satu pejalan cepat senior Kenya, Eric Maugo Sikuku, mengatakan jika masyarakat Kenya percaya bahwa Tuhan memberi kelebihan fisik pada atlet-atlet Afrika.

“Negara kami tidak memiliki lahan yang subur seperti benua lain. Tapi, Tuhan selalu adil, maka mereka ciptakan manusia-manusia seperti kami,” kata Sikuku, kepada Bolasport.com, di tengah gelaran Kejuaraan Dunia Masters Atletik 2018 di Malaga, Spanyol, Rabu (6/9).

Kenya adalah salah satu negara Afrika yang memiliki keunggulan di disiplin lari jarak jauh, termasuk nomor maraton.

Keunggulan tersebut bukan tanpa sebab, melainkan menjadi jawaban dari tidak adanya infrastruktur memadai untuk lari jarak pendek alias sprint.

“Nairobi, Ibu Kota Kenya, tidak memiliki stadion seperti ini (Sambil menunjuk Stadion Atletik Malaga, Spanyol), maka itu kami kesulitan untuk berlatih," tuturnya.

"Sementara untuk lari jarak jauh, kami bisa berlatih di manapun,” ujar Eric melanjutkan.

Baca juga: Turun di Kejuaraan Dunia, Dedeh Erawati Dalam Kondisi Prima

Saat ini, perkembangan lari jarak jauh Kenya memang tengah di atas angin.


Editor : Nugyasa Laksamana
Sumber : BolaSport.com


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X