Update Schumacher: Masih Koma, Helm Penyelamat

By Arief Kurniawan - Senin, 30 Desember 2013 | 06:54 WIB
Helikopter yang membawa Michael Schumacher ke rumah sakit.
AFP
Helikopter yang membawa Michael Schumacher ke rumah sakit.

Centre Hospitalier Universitaire di kota Grenoble, Prancis, mengadakan konferensi pers pagi waktu setempat menyangkut kondisi terakhir Michael Schumacher, juara dunia F1 tujuh kali yang mengalami kecelakaan saat bermain ski di sebuah resor di Pegunungan Alpen, Minggu (29/12).

Berikut ini adalah kronologi dan update dari berita tersebut.

Senin 30 Desember pukul 10:00 waktu setempat: Keterangan pers dilakukan oleh Jean-Francois Payen, salah seorang dokter yang menanganinya. Payen mengatakan: "Saat datang, ia dalam kondisi koma dan mengalami cedera pada otaknya. Dia masih dalam kondisi seperti itu sekarang, kritis. Kami hanya mengoperasinya sekali tetapi belum bisa mengatakan apa pun soal pasca-operasi itu. Kami bekerja siang dan malam serta memantau kondisinya, dan kami selalu berkomunikasi dengan keluarganya yang selalu ada di sampingnya. Helm yang ia gunakan jelas menolongnya untuk tetap hidup sampai saat ini. Saat ini kami belum merasa perlu untuk melakukan operasi kedua."

Pendarahan dan pembengkakan otak adalah cedera serius yang disinyalir saat ini sedang dialami oleh Schumacher, mantan pebalap F1 yang pada 3 Januari nanti berusia 45 tahun.

Minggu 29 Desember pukul 22:45 waktu setempat: Keluar pernyataan mantan juara F1 asal Jerman ini mengalami cedera kepala berat dengan koma pada saat kedatangan. Ia akan menjalani operasi bedah saraf segera.

Minggu 29 Desember pukul 22:36 waktu setempat: Rumah sakit mengeluarkan rilis bahwa Michael Schumacher dalam kondisi kritis.

Minggu 29 Desember pukul 21:50 waktu setempat: Pebalap Prancis, Romain Grosjean, memberikan dukungan lewat twitter untuk kesembuhan Schumacher. "Saya ingin ia segera sembuh".

Minggu 29 Desember pukul 21:40 waktu setempat: Pebalap F1 Felipe Massa berdoa untuk kesembuhan saudaranya. Massa memohon agar dilakukan investigasi atas kecelakaan itu.

Minggu 29 Desember pukul 21:30 waktu setempat: Pernyataan dari rumah sakit, Michael Schumacher menderita pendarahan otak. Istri dan kedua anaknya berada mendampinginya.

Minggu 29 Desember pukul 20:40 waktu setempat: Keterangan diberikan oleh Marc Grenier dan direktur resort Gernigon Christophe Lecomte.


Editor : Eko Widodo


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X