Korea Selatan dan Korea Utara Bakal Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032?

By Imadudin Adam - Minggu, 17 Februari 2019 | 15:07 WIB
Korea Selatan dan Korea Utara bersatu dalam satu bendera unifikasi pada defile pembukaan Asian Games
susilestari
Korea Selatan dan Korea Utara bersatu dalam satu bendera unifikasi pada defile pembukaan Asian Games

Penulis: Alsadad Rudi

BOLASPORT.COM - Pencalonan Olimpiade 2032 tergolong unik karena Korea Selatan dan Korea Utara bakal bersatu untuk menjadi tuan rumah.

Komite Olimpiade Internasional (IOC) melaporkan, duo Korea telah menyatakan keinginan mereka untuk menjadi tuan rumah Olimpiade bersama, meskipun proses pencalonan untuk tahun 2032 belum dimulai.

"Diskusi pada rapat kerja hari ini adalah satu langkah lebih lanjut yang menunjukkan bagaimana olahraga dapat memberikan kontribusi bagi perdamaian di Semenanjung Korea dan dunia," kata Presiden IOC Thomas Bach, Jumat (15/2/2019).

"Oleh karena itu, kami menyambut hangat inisiatif bersejarah kedua Korea untuk mengajukan pencalonan bersama Korea untuk Olimpiade 2032," tuturnya.

Selain mengajukan niat maju dalam pencalonan tuan rumah Olimpiade 2032, dua Korea juga menyatakan ingin ikut dalam kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020 dengan tim yang sama.

Cabang yang dipilih meliputi bola basket wanita, hoki wanita, tim campuran judo dan tiga nomor dayung untuk putra dan putri.

Kontingen Korsel dan Korut berbaris bersama saat pembukaan Olimpiade Musim Dingin di Pyeong Chang tahun 2018.

Ketika itu mereka juga berlaga dalam satu tim di cabang hoki es wanita.

"Masih ada pembicaraan yang sedang berlangsung dengan pemerintah mereka tentang kemungkinan tambahan tim Korea Bersatu dalam olahraga lain," demikian bunyi keterangan tertulis IOC.

"IOC memberi tahu mereka bahwa permintaan itu akan dipertimbangkan jika dibuat sebelum kualifikasi Olimpiade dimulai," tulis keterangan tersebut.

 
 
 
View this post on Instagram

Raja Jegal yang kerap kali menyulitkan lawan-lawannya. . Tidak ada wakil dari The Big Six!! #premierleague #ligainggris #tackle

A post shared by BolaSport.com (@bolasportcom) on


Editor : Imadudin Adam
Sumber : Kompas.com


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X