Ferrari Punya Cara Lain Agar Tak Ditegur Kembali FIA Soal Penutup Kamera

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Selasa, 18 September 2018 | 14:02 WIB
Dua pebalap Ferrari, Sebastian Vettel (kiri) dan Kimi Raikkonen, melakukan selebrasi setelah berhasil meraih posisi start balapan Formula 1 (F1) GP Italia 2018 di posisi 1-2.
ANDREJ ISAKOVIC/AFP PHOTO
Dua pebalap Ferrari, Sebastian Vettel (kiri) dan Kimi Raikkonen, melakukan selebrasi setelah berhasil meraih posisi start balapan Formula 1 (F1) GP Italia 2018 di posisi 1-2.

 Polemik mengenai keberadaan penutup kamera di tim Ferrari masih berlanjut. Teguran dari Federasi Otomotif Internasional (FIA) justru tidak membuat tim kuda jingkrak kehilangan akal.

Ferrari dalam beberapa balapan terakhir menarik perhatian, sekaligus keluhan, lantaran memasang kantong pendingin di atas kamera mobil saat berada di garasi maupun di grid.

Ferrari beralasan bahwa kantong pendingin itu digunakan untuk menjaga komponen elektronik pada kamera tetap dingin. Namun, bagi tim lain hal tersebut bisa menjadi sebuah kerugian.

Pasalnya setiap tim F1 punya akses untuk melihat tayangan kamera mobil dari tim lainnya. Seluruh kompetitor pun kini kehilangan keuntungan untuk mengintip trik-trik yang digunakan Ferrari pada pengaturan setir atau mobil mereka.

FIA sebenarnya sudah meminta Ferrari untuk tidak menaruh kantong pendingin di atas kamera menyusul keluhan dari FOM (badan yang mengatur penyiaran F1). Namun demikian, Ferraritidak kehabisan akal.

Saat seri balap GP Italia di Sirkuit Monza, kru Ferrari memasang payung di atas kokpit yang diyakini juga bertujuan untuk menghalangi pandangan kamera.

Seperti dikutip Juara.net dari Motorsport, Ferrari juga terindikasi menggunakan cara baru untuk menghalangi kamera mobil saat seri balap GP Singapura ini akhir pekan ini.

(Baca Juga: 8 Tahun Kutukan Posisi Start Terdepan Sirkuit Misano, Jorge Lorenzo Paling Apes hingga Dani Pedrosa Gagal Juara)

Ferrari terlihat membawa perangkat semacam pendingin girboks dengan bentuk sedemikian rupa untuk menghalangi pandangan kamera ketika dipasang nanti.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Berikut ini daftar prestasi pasangan @marcusfernaldig dan @kevin_sanjaya Selanjutnya, apa? #kevinsanjaya #marcusgideon

A post shared by BolaSport.com (@bolasportcom) on


Editor : Imadudin Adam
Sumber : Motorsport.com


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X